OKE FIX!: REVIEW CENTOS LINUX

Jumat, 25 September 2015

REVIEW CENTOS LINUX

Untuk menambah wawasan dan pengetahuan kita dalam ilmu teknologi, tidak ada salahnya kita belajar tentang OS CentOS yang satu ini. Sering orang-orang mendengar OS (Operating System) yang terkenal seperti: Windows, MAC, Linux, android dan
Simbian. Akan tetapi kurangnya pengetahuan tentang versi-versi didalamnya. Kali ini saya akan membahas tentang CentOS yaitu sebuah sistem operasi yang berbasis linux. Linux adalah sistem operasi yang berasal dari nama pembuatnya yang diperkenalkan oleh Linus Benedict Torvalds dari Universitas Helsinki di Finlandia. Linux termasuk sistem operasi yang didistribusikan secara open source.


Tentang CentOS

CentOS adalah singkatan dari Community Enterprise Operating System, yaitu sebuah distribusi linux sebagai bentuk dari usaha untuk menyediakan platform komputasi berkelas enterprise yang memiliki kompatibilitas kode biner sepenuhnya dengan kode sumber yang menjadi induknya, Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

Sejarah

Pada bulan Juni 2006, para pengembang utama distro Tao Linux, kloning RHEL, mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan proyek tersebut dan menggantinya menjadi CentOS development. Para pengguna Tao linux kemudian bermigrasi menggunakan rilis CentOS menggunakan "yum update".
Di bulan Juli 2009, baru diketahui bahwa pendiri CentOS, Lance Davis, telah menghilang sejak 2008. Lance Davis telah menghentikan kontribusinya terhadap proyek tersebut, namun tetap memegang kewenangan atas registrasi domain CentOS dan akun PayPal. Pada bulan Agustus 2009, Tim CentOS melaporkan telah berhasil menghubungi Davis dan mengambil alih kewenangan atas domain centos.
Di Bulan Juli 2010, popularitas CentOS meningkat tajam melompati Debian sebagai distribusi linux terpopuler untuk server web, digunakan hampir 30% dari total keseluruhan server web berbasis linux. Walaupun begitu, Debian mendapatkan kembali posisinya pada Januari 2012

Desain

RHEL (Red Hat Enterprise Linux) merupakan distribusi linux berbayar yang menyediakan akses terhadap update atas perangkat lunak dan beragam jenis dukungan teknis. Distribusi linux ini sebenarnya merupakan gabungan dari sejumlah peragkat lunak yang didistribusikan dibawah Lisensi perangkat lunak bebas dan kode sumber atas paket perangkat lunak ini dirilis ke publik oleh Red Hat sebagai bagian dari kesepakatan dalam lisensi yang digunakan.
Para pengembang CentOS menggunakan kode sumber dari Red Hat, dikompilasi dengan tujuan membuat sebuah produk final yang sangat mirip dengan RHEL. Semua hal-hal yang berkaitan dengan merek dagang ataupun logo kemudian diubah disebabkan Red Hat tidak mengijinkan mereka untuk mendistribusikan ulang logo tersebut.
CentOS tersedia secara gratis, dukungan teknis utamanya disediakan terhadap para pengguna melalui milis, forum berbasis web, ataupun chat. Proyek CentOS tidak berafiliasi dengan Red Hat, sehingga proyek CentOS berjalan tanpa mendapatkan bantuan apapun dari Red Hat. Untuk penggalangan dana, CentOS berbasis donasi dari para pengguna serta sponsor dari perusahaan-perusahaan yang menggunakannya.

Kelompok Minat khusus CentOS

    Adapun kelompok minat khusus didalam CentOS yang bernama SIG (Special Interest Groups). Kelompok kecil dalam masyarakat CentOS ini yang berfokus pada satu set masalah, dalam rangka menciptakan kesadaran baik untuk fokus pada pengembaganan bersama topik tertentu. Setiap SIG dapat mencari bagian khusus di wiki, bersama dengan pilihan untuk menampilkan nama-nama orang yang terlibat dalam SIG itu. Sebuah mailing list pada daftar server CentOS juga bisa diseting juga. Seperti yang tepat, dan tunduk pada sumber daya yang tersedia, sumber daya lain yang mereka mungkin perlu (misalnya. Sistem SCM, web hosting space, layanan admin, dll) dapat ditawarkan.

Versi-Versi Linux Centos
 



















CentOS memiliki beberapa keunggulan antara lain adalah :

- Mudah dipelihara
- Distribusi yang mandiri, maksudnya adalah distribusi ini bisa dikembangkan tanpa bantuan yang lainnya dalam proses pembangunannya
- Sangat cocok untuk penggunaan jangka panjang, terutama untuk lingkungan produksi bukan eksperimental dan lainnya
- Mudah digunakan bagi pemelihara paket software dan para pengguna
- Support jangka panjang dari para developernya
- Pengembangan yang aktif
- Infrastruktur berbasis komunitas
- Management yang terbuka
- Model bisnis yang terbuka
- Dukungan komersial, diberikan oleh vendor-vendor partner

Kelebihan:                                                                  
- CentOS sangat kompatibel dengan Redhat                    
- Merupakan OS freeware yang sangat handal untuk skala Enterpise.                                                     
- Merupakan satu-satunya OS freeware yang  didukung resmi oleh CPanel kurang.
- Drivers RHEL dapat dipakai oleh CentOS karena isi CentOS adalah RHEL 
                                      
Kekurangan:
- Tergantung pada distro RH. Karena itu CentOS selalu keluar setelah redhat
- Kata "enterprise" membuat pemula takut dan memilih Fedora
- Penampilan website CentOS yang kurang menarik  (CentOS Indonesia sedang mengupayakan untuk mengupdate website CentOS.org agar tampil menarik)
- Kurangnya dokumentasi mengenai CentOS secara khusus

Wikipedia. Diakses dari https://id.wikipedia.org/wiki/CentOS

Linux, Gudang. Diakses dari http://gudanglinux.com/glossary/centos/


 

Tidak ada komentar :

Posting Komentar